7 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Membuat Blog

Hal-hal yang wajib kamu lakukan setelah membuat sebuah Blog baru - Blogger adalah Sebuah situs untuk membuat suatu Web atu Blog gratisan dengan Platform blogspot

Ok, kali ini saya akan membagikan Hal-hal apa saja yang harus dilakukan setelah membuat suatu blog dengan platform blogger namun tutorial ini juga bisa anda terapkan di platform lain seperti Wordpess, Mywapblog dll.

Mungkin bagi orang yang baru terjun kedunia Blogging atau yang baru membuat blog, hal yang dilakukan hanyalah memposting saja dan biasanya setelah mempunyai beberapa postingan blog tersebut akan sepi, setelah tahu bahwa blognya mempunyai pengunjung yang sedikit maka pemilik blog akan mencari tahu apa saja yang dilakukan agar blog banyak pengunjung di mbah google, dan sampailah anda di blog ini hehe..(sotoy)

Oleh karena itu saya akan membagikan hal apa saja yang harus dilakukan setelah membuat blog baru yang dimana tutorial ini saya khususkan bagi anda yang masih pemula dan Tutorial ini berasal dari pengalaman saya sendiri selama berkecimpung didunia blogging, Ok langsung aja.

1. Menganti Template/Tampilan Blog
Setelah anda membuat satu atau beberapa posting, Langkah selanjutnya adalah mengganti template blog, pada langkah ini bisa anda lakukan bila anda kurang suka dengan tampilan blog bawaan blogger, yang dimana anda bisa mengganti tampilan blog sesuka hati yang bisa anda download di Google (Buannyak.. sekali blog lain yang share template Blog, baik itu gratis maupun premium). Untuk anda yang belum tahu cara mengganti template blog bisa anda kunjungi


2. Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tool
Google Webmaster Tools adalah Fasilitas yang di berikan oleh google untuk mempermudah pemilik web/blog dalam memantau aktifitas situsnya yang berisi laporan memdetail dari blog tersebut dan menjadikan blog kita terpantau dengan maksimal oleh mesin pencarian google/Search engine.

Webmaster tools ini merupakan jantungnya suatu Blog/Web (itu yang dikatakan oleh para blogger professional) dikarenakan blog atau web yang belum didaftarkan disini, maka blog tersebut akan sepi dari pengunjung dan bahkan tidak mampu bersaing dengan blog lain dan hukumnya wajib mendaftarkan blog di Webmaster ini!

3. Mendaftarkan Blog ke Google Analytics
Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web/Blog. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan PPC, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Mendaftarkan blog ke Google Analytics merupakan langkah yang tidak kalah pentinganya dengan mendaftar di Webmaster dengan mendaftar blog disini, akan membuat blog dapat dipantau oleh pemiliknnya secara maksimal dan masih banyak lagi manfaat dari Google Analytics ini!

4. Mendaftarkan Blog dan Verifikasi di Alexa
Alexa adalah Salah satu web yang memberikan Informasi mengenai Rank/Rangking pada suatu Web/Blog, Sedangkan Alexa Rank merupakan Rangking yang di berikan oleh perusahaan Alexa.com kepada Web/Blog, Dimana Ranking tersebut berasal dari jumlah total pengunjung Unique Alexa Toolbar

Bagi anda yang ingin mendapatkan uang dari Internet khususnya dari Web/Blog, Alexa Rank sangat penting, di karenakan Sumber pencarian uang di internet seperti Iklan/Sponsor Review, ask2link dan Sebagainya menjadikan Alexa Rank sebagai Tolak ukur, Semakin Bagus/Semakin ramping Rank Alexa Web/Blog maka semakin banyak yang mau memasang Iklan di Blog/Web kita. Lumayan buat meningkatkan penghasilan dollar di Blog.


5. Mendaftarkan Blog dan Submit sitemap di BING
Langkah ini sangat bermanfaat agar artikel blog dapat terindek selain di Google saja, Seperti di bing yahoo, dan mesin pencarian lain selain google, dan dengan Submit sitemap di BING, akan meningkatkan keberadaan Artikel anda di khususnya di Mesin pencarian BING maupun yahoo!


6. Mendaftarkan Blog ke Feedburner
Feedburner adalah  Layanan Google yang ditujukan untuk pengguna blogger yang digunakan untuk mempublikasikan RSS Blog. Lalu apa yang di masksud RSS? RSS atau Really Simple Sydication merupakan akun feedburner yang sudah jadi contohnya seperti Feedburner blog ini : http://feeds.feedburner.com/EspadaBlog

Bila anda sudah mempunyai beberapa postingan di blog, saya sarankan untuk mendaftarkan blog di feedburner. dan Dengan membuat feedburner ini anda bisa membagikan artikel blog anda kepada pengunjung dengan syarat pengunjung sudah Subscribe atau berlangganan Feedburner blog anda.

7. Submit Sitemap di Webmaster Tools
Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk blog baru adalah submit sitemap di Webmaster tool, Cara ini bisa anda lakukan jika blog anda sudah mempunya beberapa postingan, biasanya saya akan mensubmitnya setelah artikel saya sudah lima sampai 10.

Dan dengan Submit sitemap di Webmaster tools sangat membantu dalam Terindexnya artikel blog di search Google. Sangat perlu submit sitemap di webmaster, di karenakan webmaster ini merupakan layanan yang disediakan oleh google untuk pemilik blog, agar artikel/postingan cepat terindex di search google secara keseluruhan, Apakah anda mau artikel anda cepat terindex di search Google? jika ingin cepatlah submit sitemap di webmaster Tools.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan setelah membuat blog baru, Tutorial diatas merupakan pengalaman saya sendiri selama berkecimpung di dunia Blogger. Sekian yang dapat saya bagikan kurang lebihnya saya mohon maaf, dan Selamat mencoba..!

0 Response to "7 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Membuat Blog"

Posting Komentar