Cara Membuat Bootable Installasi Dengan Flashdisk

Cara membuat bootable installasi menggunakan Flashdisk - Bootable adalah media penyimpanan yang didalamnya terdapat sistem operasi bisa berupa CD/DVD atau Flaskdisk. Pada tutorial kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat Bootable yang sangat mudah dan efektif dibandingkan dengan yang lain yaitu menggunakan Flashdisk.

Dikatakan efektif karena disini sebagai media installsinya menggunakan flashdisk. dibandingkan dengan menggunakan CD/DVD menggunakan flashdisk dijamin tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun dan dijamin tanpa ribet.

Dimana bagi pengguna notebook cara ini sangat bermanfaat sekali sebagai media installasi OS, karena pada notebook tidak memiliki CD-ROM. sebelum melakukan bootable menggunakan Flashdisk ada beberapa yang harus dipersiapkan diantarannya!

  • Flashdisk Minimal 4 Gb atau lebih tinggi
  • File ISO Operasi System (Windows, Linux dll.)
  • Rufus
Jika semua hal diatas sudah di persiapkan, maka kita siap membuat bootablenya, oh ya, kenapa kita menggunakan Rufus? Karena rufus akan digunakan untuk membuat bootable pada flashdisk dan Proses pada rufus sangat cepat dibandingkan yang lain! OK Langsung aja.

Cara Membuat Bootable Flashdisk menggunakan Rufus



  1. Pertama silahkan sediakan Flashdisk minimal 4Gb dan tancapkan pada Laptop/Komputer
  2. Kemudian Format Flashdisk
  3. Jika sudah buka rufusnya dan pada menu "Device" silahkan pilih Flashdisk yang ingin dijadikan Bootable (Biasanya sudah otomatis terisi, bila anda memasukkan hanya satu Flashdisk)
  4. Pada menu "Partition scheme and target system type" pilih saja yang MBR partition scheme for BIOS or UEFI-CSM
  5. Pada Menu "File System" pilih NTFS
  6. Pada menu "Cluster size" pilih yang Default
  7. Pada "New volume label" kosongkan saja nanti juga terisi sendiri setelah memasukkan ISO OSnya
  8. Kemudian pada "Format options" silahkan sesuaikan seperti gambar diatas
  9. Selanjutnya memasukkan File ISO Opersi Systemnya, carannya silahkan Klik icon disamping ISO image seperti gambar diatas dan Cari File ISOnya
  10. Jika sudah terakhir tinggal Klik start dan tunggu prosesnya sampai selesai (Biasanya prosesnya kurang lebih 20 menitan)
  11. Jika terdapat peringatan Klik OK saja

Mudah bukan cara membuat bootable atau media installasi menggunakan Flashdisk dan tinggal anda gunakan untuk install atau install ulang. sekian yang dapat saya bagikan dan Semoga berhasil.

0 Response to "Cara Membuat Bootable Installasi Dengan Flashdisk"

Posting Komentar